Viewing 3 posts - 1 through 3 (of 3 total)
  • Author
    Posts
  • #711

    agus
    Participant

    Malang — Menghadapi era revolusi industri 4.0, pemerintah memfasilitasi petani mengaplikasikan alat bantu digital dalam mendukung budidaya tanaman. Kementerian Pertanian bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika berupaya mendigitalisasi pertanian dengan penggunaan
    sensor tanah dan cuaca serta aplikasi RITX.

    Aplikasi canggih ini mampu memantau lahan dan pertanaman bawang merah di Desa Purworejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang Jawa Timur.

    “Kami menyambut baik langkah cerdas dan kolaborasi yang baik lintas Kementerian, BUMN dan swasta ini dalam mewujudkan pertanian presisi melalui digitalisasi sektor pertanian. Model awal di lokasi percontohan korporasi bawang merah Malang ini sangat potensial direplikasi di daerah lain, misalnya di sentra cabai dan bawang putih,” ujar Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Kementerian Pertanian, Moh Ismail Wahab.

    Ismail menyebut perangkat ini sebagai contoh pemanfaatan instrumen teknologi informasi yang praktis untuk analisis data iklim, tanah dan tanaman guna meningkatkan produktivitas lahan petani. “Kalau misalnya di lahan yang dipasang sensor terjadi kekurangan dosis pemupukan atau mineral tertentu dibanding standardnya, sensor akan ‘mengingatkan’ agar segera dipenuhi,” tuturnya.

    Di hadapan ratusan petani di Ngantang Malang, Pelaksana Tugas Direktur Ekonomi Digital, Nizam Waham mengatakan alat pendukung pertanian presisi yang sedang diujicoba tersebut terbilang praktis dan bermanfaat untuk petani. “Dengan perangkat digitalisasi ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan petani melalui peningkatan produktivitas, kualitas dan efisiensi biaya produksi,” tuturnya.

    sumber: tabloidsinartani.com/detail/indeks/tekno-lingkungan/8149-Petani-Bawang-Merah-Uji-Coba-Alat-Sensor-Digital

    #713

    Dimas
    Participant

    mantab, era digitalisasi pun harusnya masuk ke industri pertanian bawang juga

    #714

    agus
    Participant

    @dimas benar gan sudah selayaknya begitu

Viewing 3 posts - 1 through 3 (of 3 total)

You must be logged in to reply to this topic.